Sabtu, 04 April 2020

APA ITU APLIKASI SCRATCH

Kenalan dengan SCRATCH! Bahasa Pemrograman Berbasis Visual!

Apa Itu Scratch?

Scratch adalah bahasa pemrograman berbasis visual yang interaktif dan fun. dengan scratch kita bisa membuat animasi, permainan, dan kreasi yang lain. Scratch memudahkan programmer dalam membuat program tanpa harus khawatir dengan penulisan sintaksis, karena tidak perlu menulis script. hanya dengan drag and drop blok blok kode yang sudah di sediakan, kemudian di susun dan membentuk sebuah logika yang bisa di jalankan sehingga menjadi program.
bahasa pemrograman ini di buat oleh MIT MEDIA LAB dari Massachusetts Institute of Technology yang di rancang untuk pembelajaran anak umur 8 sampai 16 tahun. meskipun begitu, setiap orang dari segala umur bisa menggunakan scratch sebagai media pembelajaran.
bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan programer pemula untuk berlatih computational thinking.

Download Scratch

Bagaimana cara menggunakan scratch? ada dua versi yang tersedia, online dan offline.
jika kalian ingin menggunakan versi online, kalian hanya memerlukan browser dan koneksi internet.
click disini untuk membuka scratch versi online, kemudian pilih menu “create”.
tampilan nya akan seperti di bawah ini.


Scratch online
jika ingin menggunakan versi offline, kalian perlu mendownload Scratch Editor dan Adobe Air. Scratch Editor adalah scratch versi offline yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa memerlukan koneksi internet.
click di sini untuk mendownload Scratch Editor
click di sini untuk mendownload Adobe Air
lakukan instalasi seperti biasa sampai selesai. tampilan nya akan seperti gambar di bawah ini.


Scratch Offline

Scratch Development Environment

Berkenalan dengan lingkungan pengembangan scratch! tempat di mana membuat program kreatif menggunakan logika pemrograman tanpa perlu pusing dengan syntax error.
apa saja fungsi fungsi yang terdapat di dalam scratch? simak pembahasan nya di bawah.
Canvas

Canvas (SDE 0.1)
Blok blok kode yang sudah kalian rancang akan berjalan atau tampil di canvas ini (bisa juga di sebut window). di dalam canvas terdapat logo bendera hijau dan lingkaran merah yang berfungsi untuk menjalankan dan memberhentikan program.
Sprite


Sprite Default (SDE 0.2)
Sprite adalah gambar atau objek yang bisa di program. pada (Gambar SDE 0.1) gambar kucing adalah sprite default.
sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang di rancang agar menjadi interaktif. seperti bergerak, memiliki suara, dan lain lain.



Menu New Sprite (SDE 0.3)
Kalian juga bisa mengganti dan menambah sprite di menu “new sprite” dan pilih “choose sprite from library”. di sana akan ada banyak pilihan sprite yang telah disediakan scratch. lihat (Gambar SDE 0.4)
Atau bisa juga menggunakan sprite di luar scratch. Pilih menu “upload sprite from file”. (Gambar SDE 0.3)


Sprite Library (SDE 0.4)
Backdrop dan Stage
Backdrop adalah gambar latar belakang pada canvas. backdrop bisa di ganti di bagian “Stage” yang terletak sebelah kiri dari tempat sprite.
lihat di (Gambar SDE 0.5)

(SDE 0.5)
pada menu “new backdrop” kalian bisa pilih backdrop yang sudah di sediakan scratch, yaitu di “choose backdrop from library” lihat (Gambar SDE 0.6)
atau bisa juga memilih backdrop yang ada di luar scratch. pilih “upload backdrop from file”.
Stage dapat di isi blok blok perintah, kecuali block motion.

(SDE 0.6)
Script

(SDE 0.7)
Scripts adalah kumpulan blok blok perintah yang akan kalian gunakan untuk memprogram. masing masing blok memiliki fungsi fungsi yang berbeda. (Gambar SDE 0.7)

Contoh Block Motion (SDE 0.8)
Motion Blocks di gunakan untuk menggerakan sprite, seperti perintah “move 10 step”. perintah tersebut menggerakan sprite sebanyak 10 langkah.

Contoh Block Looks (SDE 0.9)
Looks Blocks digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. misalnya mengganti kostum pada sprite atau mengganti backdrop.

Contoh Block Sound (SDE 1.0)
Sound Blocks digunakan untuk memberikan suara pada sprite ataupun stage. seperti contoh memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program.

Contoh Block Pen (SDE 1.1)
Pen Blocks di gunakan untuk memberikan jejak pada sprite ketika sprite tersebut bergerak.

Contoh Block Variabel (SDE 1.2)
Data Blocks digunakan untuk menyimpan data pada program menggunakan variabel. contoh penggunaan nya seperti pada game bola, dimana game terserbut perlu menyimpan score pemain. variabel lah yang akan menyimpan score tersebut dan menampilkan nya di canvas.

Contoh Block Event (SDE 1.2)
Event Blocks adalah salah satu blok yang sangat penting dalam membuat program, karena di dalam nya ada perintah “When green flag clicked” yang artinya ketika bendera hijau pada canvas di klik, semua script di dalamnya akan di eksekusi.
blok ini berfungi untuk men trigger script agar berjalan.

Contoh Block Control (SDE 1.3)
Control Blocks digunakan untuk mengontrol script. script dapat di kontrol dengan perintah seperti “repeat 10” yang artinya ulangi script di dalam repeat sebanyak 10 kali.

Contoh Block Sensing (SDE 1.4)
Sensing Blocks, seperti namanya adalah untuk ‘sensing’. seperti contoh perintah “touching color brown” yang artinya, ketika menyentuh warna coklat, eksekusi blok kode di bawahnya.

Contoh Block Operators (SDE 1.5)
Operators Blocks digunakan untuk melakukan operasi matematika.

Drag and Drop

setelah kalian mengenal Scratch Development Environment, sekarang saatnya kalian memprogram!
gimana caranya? kita hanya perlu drag dan drop blok blok kode. namun yang perlu di catat adalah rangkaian blok tersebut harus sesuai dengan logika yang benar.
saya di sini hanya akan memberikan contoh sederhana. Animasi bola yang bergerak dan memantul secara terus menerus.


drag and drop blok blok kode yang tersedia sehingga membentuk sebuah logika yang dapat di eksekusi.
contoh script program sederhana.
Script pada gambar di atas di gunakan di dalam sprite bola basket.
  • ketika bendera hijau di click (when green flag clicked)
  • gerakkan bola basketnya 10 langkah (move 10 steps)
  • jika menyentuh tepi, pantulkan bola tersebut. (if on edge, bounce)
  • Jalankan blok blok kode di dalam forever secerara terus menerus(forever)

Saatnya Mencoba

buatlah project semenarik mungkin, entah itu game, animasi dan hal kreatif lain dengan scratch! kalian bisa upload hasil project kalian, tetapi harus melakukan proses sign up dan sign in. di https://scratch.mit.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar